pertama : bahan2 pelat baja disiapkan
kemudian pelat baja tersebut dicat dasar agar tidak terjadi korosi
setelah smua selesai di cat,, lalu dikumpulkan dan diberi pola untuk nantinya dipotong sesuai dengan ukuran yang telah dibuat oleh desainer nya..
pendek kata kyk mo bkin baju gan,, tp ni kain na dr baja…
ni gy di beri pola oleh mesin..
ni alat buat motong baja nya gan…
jgn tnya suhu pemotongan nya gan.. baja aja bisa dibuat kyk motong TAHU!
ni jg alat pemotong yg laen gan..
stelah smua uda dipotong2,, lalu mulai deh disambung2 sesuai dengan polanya.. pake las nyambungnya gan….
semuanya disambung per kompartemen ato per bagian2 nya,, krn kn gede bgt gan.. setelah bagian2 kecilnya selesai dirakit,, lalu bagian tersebut disatukan di tempat yang dinamakan DOK….
ni dy gan ngerjain na di dok..
pada saat pengerjaan di DOK ini lah semua sistem kapal tersebut di pasang..
seperti perpipaan,, dll..
uda mau jadi gan
setelah smua bagian kapal tersebut terpasang,, maka kapal tersebut diturunkan ke air dan di tambat di dermaga..
pengerjaan di dermaga tersebut adalah untuk memasang mesin kapal,, sistem kelistrikan,, generator,, navigasi,, dan pengecatan kapal…
gambar kapal tersebut di pinggir dermaga
stelah semua sistem berhasil dipasang maka saat na pengujian kapal!!
ini lah yang menentukan akan keberhasilan pada saat fabrikasi di atas atau gagal…
uda jadi gan kapal nya..
ditarik keluar dermaga oleg TUG-BOAT..
akhirnya…. stelah smua sistem diuji dan telah mampu bekerja maka telah selesai pembuatan kapal tersebut…
http://ntunk.wordpress.com/2010/03/11/proses-pembuatan-kapal-tanker-di-indonesia/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3557265
0 comments:
Post a Comment